full screen background image

18 Orang Meninggal, Begini Sebaran Gempa 6,5 SR Di Pidie Jaya Aceh

Lapan6online, ACEH – Indonesia berkabung kembali, gempa melanda Pidi Jaya, Aceh dan kawasan disekitarnya.

Informasi yang diterima dari BMKG, gempa prediksi awal berkekuatan 6,4 SR kemudian tercatat 6,5 SR. Pusat Gempa Berada di timur laut kabupaten Pidie, Gempa terjadi pada pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016).

“Untuk hasil terbaru 6,5 SR, Sedangkan untuk angka 6,4 SR merupakan hasil deteksi awal. Hal itu merupakan hal yang biasa terjadi” ujar Kepala Sub-Bidang Informasi Kepala Sub-Bidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko (BMKG) Harry Tirto ketika dikonfirmasi, Rabu (7/12).

BMKG merilis ‘BMKG Shakemap’ terkait gempa di Pidie Jaya ini. Peta ini memuat skala intensitas gempa bumi mulai dari kategori  I (tidak dirasakan) sampai kategori V (rusak berat).

e5eea45e-a124-4f61-b169-ef67e72ab321

Wilayah sekitar episentrum kebanyakan berwarna kuning kehijauan yang masuk dalam kategori II dan III. Ada juga wilayah yang berwarna oranye dan kemerahan yang masuk dalam kategori IV dan V.

Di Pidie Jaya dilaporkan per pagi ini 18 orang meninggal. Petugas saat ini masih melakukan pendataan.

“Informasi terakhir ada 18 orang meninggal dunia, evakuasi masih terus dilakukan,” ujar Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (7/12)

Said menyebut proses evakuasi mengalami kesulitan. Tetapi alat berat sudah berada di lokasi.

“Kalau masalah jumlah alat berat, tidak masalah. Tetapi kami juga meminta bantuan dari kabupaten sekitar,” imbuh Said.

(tim)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *