full screen background image

Berwisata Religi di Curug Ngebul, Cileungsing, Cikakak, Sukabumi

Lapan6Online.com – Palabuhanratu/Sukabumi : Potensi alam yang berada diwilayah Kabupaten Sukabumi sangatlah potensial, bahkan masih banyak yang belum terjamah, masyarakat Kabupaten Sukabumi berharap adanya peran serta pemerintah daerah untuk memberdayakan potensi alam tersebut secara maksimal.

Hal ini tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan antara aspek pariwisata dan aspek konservasi. Secara umum disadari bahwa dalam menunjang sektor pariwisata secara nasional, pengembangan kegiatan wisata alam di Indonesia mempunyai prospek bagus sebagai penunjang devisa negara non migas. Dimana potensi obyek wisata alam yang memiliki Indonesia sangat besar nilainya.

Masyarakat tentunya dengan adanya dukungan dan usaha pemerintah untuk meningkatkan pendapatan devisa negara melalui sektor non migas yaitu mengembangkan pembangunan kepariwisataan pada hakekatnya merupakan upaya untuk mengembangkan dan memanfaatkan obyek dan daya tarik wisata.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Marwan-Adjo (MasaBakti 2015-2020 saat ini) sudah sejak awal pencalonannya bahwa visinya yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius dan Mandiri.

Lantas visi dan misi pasangan pemenang kontes Pemilukada akhir tahun 2015 ini diterjemahkan kedalam 4 misi yakni mewujudkan kemandirian masyarakat berbasis ekonomi lokal, melalui bidang agrobisnis Pariwisata dan industri. Misi yang kedua, yaitu mewujudkan sumberdaya manusia yang berdaya saing dan religius.

Misi yang ketiga meningkatkan kinerja birokrasi pemerintah yang efektif dan efisien. Misi yang keempat mewujudkan generasi sehat kuat cerdas dan produktif.

Seiring dengan adanya wisata Curug Ngebul yang berada di Desa Cileungsing, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang mempunyai pemandangan indah menawarkan suasana alami, dengan pemandangan utama air terjun, diantara tebing tinggi.

Sedangkan versi kedua dikarenakan derasnya air yang terjun menyebabkan timbulnya uap air sehingga terlihat ngebul atau berasap dan memiliki pemandangan alam yang indah Subhanallah.

Kepada Lapan6online.com, Yudi dan Dedi Jubaedi pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi mengatakan,”Delapan kecamatan yang berada di Kabupaten Sukabumi yang masuk agrowisata diantaranya Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu kami sangat mendukung dengan adanya kemajuan wisata khususnya yang ada di Kabupaten Sukabumi karena itu sudah menjadi program Pemerintah Daerah, “ jelas mereka semangat.

Dan beberapa LSM diantaranya LSM LP3K-RI sangat mendukung dengan adanya Wisata Curug Ngebul yang berada di Desa Cileungsing begitu juga Ruslan Raya yang bergerak dibidang Sosial sangat antusias dan mendukung dengan adanya Wisata Curug Ngebul tersebut.

Dan warga sekitar sangat peduli dengan adanya Wisata Curug Ngebul melakukan gotong royong untuk perbaikan jalan dan lingkungan yang ada di Lokasi Curug Ngebul tersebut.

Sementara itu, Wawan selaku Ekbang Kantor Desa Cileungsing bangga atas potensi alam yang ada diwilayahnya, ia mengatakan bahwa,”Luas area wisata Curug Ngebul seluas 8000 M itu tanah milik Desa dan ketinggian air terjun Curug Ngebul 30 M dan Curug Marinjung 50 M kami mengusung Pemerintah lebih perhatikan untuk kemajuan wisata tersebut dan akan mengedukasikan pengunjung terutama anak sekolah dari mulai TK, SD, MI, SLTP, Mts, dan selanjutnya dan untuk lebih cinta alam serta para anak didik di edukasi beranekaragam berkegiatan wisata Curug Ngebul tersebut sebagai wisata alam komplit maka Curug Ngebul juga disamping untuk wisata edukasi disisi lain merupakan destinasi wisata ritual Rohani bagi yang suka terbiasa mengolah rasa marifat kepada Allah SWT, “ jelas Wawan kepada Lapan6online.com. Jeri/Regis