full screen background image


Fenomena Gunung Gandul Di Kabupaten Wonogiri

Lapan6online.com-Wonogiri : Tempat wisata yang bisa dinikmati tidak saja di Bali, Pulau Seribu, Bunaken, Raja Ampat dan masih banyak lagi. Namun masih ada daerah wisata yang unik, menarik dan menggelitik nyali kita, Kabupaten Wonogiri yang konon dikabarkan adalah daerah tandus, itu salah besar!

Banyak sarana wisata yang dapat dinikmati di Bumi Gaplek ini, Gunung Gandul termasuk gugusan gunung seribu terletak di Kelurahan Giriwono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang berjarak kira-kira 3 km dari pusat kota atau kurang labih 15 menit jika ditempuh perjalanan darat. Selama perjalanan menuju puncak Gunung Gandul, anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang masih hijau dan berbagai jenis pepohonan juga ada di sini. Jika kita sudah mencapai puncak gunung maka sajian pemandangan luas dapat kita nikmati. Dari puncak kita dapat melihat pemandangan Kota Wonogiri dan Waduk Gajah Mungkur nan indah.

Gunung gandul sebagai gardu pandang Kabupaten Wonogiri. Pengunjung di lokasi itu dapat menikmati keindahan alam sekaligus panorama Kabupaten Wonogiri.

Namun sayang, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat menjadikan obyek wisata ini seakan tak terawat. Kondisi ini menjadikan Gunung Gandul tidak lagi didatangi wisatawan dari berbagai daerah, hanya para muda-mudi sekitar saja yang datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Warga berharap potensi wisata Gunung Gandul kembali dioptimalkan, peran serta Pemerintah Kabupaten sangat diharapkan untuk kembali membangun obyek wisata nan cantik ini. Selain itu berkembangnya sebuah obyek wisata juga dapat membantu menumbuh kembangkan perekonomian warga setempat.

Sisi Religi, Yesus Disalip di Gunung Gandul

Gunung Gandung juga dijadikan wisata religi umat katolik. Setiap kali prosesi Jalan Salib Yesus Kristus digelar di Gunung Gandul, Wonogiri, selalu saja dipadati ribuan umat Katolik dari berbagai daerah, tidak terkecuali Datang dari Solo dan sekitar, Salatiga, Semarang, Yogyakarta, dan bahkan Jakarta itu, mereka mengikuti jalan salib dengan khusuk.

Misteri Sengsara dan Jalan Salib Yesus Kristus, sering dilakukan oleh ribuan umat Kristiani dari beberapa daerah lainnya.

Pelaksanaan prosesi Jalan Salib ditempatkan di lokasi obyek wisata Gunung Gandul, Kecamatan Kota, Wonogiri. Sementara, para peraga dalam helatan itu adalah Jemaat Gereja Katholik Santo Yohannes Rasul beserta Paroki Wonogiri.

Secara apik dan penuh penghayatan, peraga memerankan posisi masing-masing. Adegan dimulai dari dijatuhkannya hukuman mati dan dilanjutkan penyiksaan, penghinaan, dan beragam kesengsaraan yang diterima Yesus. Berturut-turut kemudian, Yesus disalibkan di Golgotta, kematiannya, dan berakhir pada pemakaman Yesus.

Agenda tersebut setiap tahun dipastikan mengikuti prosesi Jalan Salib di Gunung Gandul. Selain menghayati kisah kesengsaraan Yesus, ke Gunung Gandul sekaligus dijadikan sarana refreshing. Semoga pemerintah daerah Kabupaten Wonogiri dapat memperhatikan tempat yang memiliki sejarah sekaligus untuk ibadah bagi umat Kristiani.

Bagi yang hobi terjung payung di sini juga di sediakan tempatnya, lokasi ini terlekat tidak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri hanya sedikit naik ke perbukitan Gunung Gandul saja. Foto2:Dok.Donis

Bagi yang hobi terjung payung di sini juga di sediakan tempatnya, lokasi ini terlekat tidak jauh dari Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri hanya sedikit naik ke perbukitan Gunung Gandul saja. Foto2:Dok.Donis

Tak hanya itu saja, puncak Gunung Gandul pun menjadi arena panjat tebing para pecinta alam. Tim SAR pun sering melakukan latihan di puncak Gunung Gandul.

Bahkan para penerjun paying pun sangat menyukai Gunung Gandul untuk menguji adrenalin mereka, sangat eksotis dan bukan daerah tandus alias gersang. Banyak sisi menarik dan layak dikunjungi sebagai tempat wisata. Tidak percaya? Buktikan saja!!! Tim