full screen background image


Forum Infrastruktur Jakarta, Membahas Pembangunan Masa Depan Jakarta

Lapan6online.com – Jakarta : Jakarta Research Public Policy (JRPP)  menggelar Forum Infrastruktur Jakarta (FIJ) Selasa, (26/9) di Gedung Auditorium Lt. 3. Universitas Al-Azhar, Kebayoran baru, Jakarta Selatan.

Ketua Panitia FIJ, Muhamad Alipudin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengupas proses sinkronisasi kebijakan ditengah peralihan kepemimpinan di DKI Jakarta. Serta mencari solusi tepat untuk mengurai permasalahan yang dihadapi oleh warga Ibu Kota saat ini.

“Dalam masa peralihan kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, perhatian perekonomian nasional dan Jakarta berfokus pada pembangunan berkelanjutan. Dimana, pembangunan tersebut selalu identik dengan pemerataan, penurunan angka kemiskinan, serta peningkatan aspek kesejahteraan lainnya,” ujar Alipudin di Jakarta, Selasa (12/9).

Dirinya menyebutkan, setidaknya terdapat 3 sektor yang perlu dibenahi untuk mendorong kesejahteraan warga DKI Jakarta dimasa mendatang, antara lain sektor infrastruktur, kestabilan harga pangan, dan sektor pariwisata.

“Namun, untuk membentuk pembangunan berkelanjutan seyogyanya dibutuhkan anggaran yang besar dan berkomitmen dari seluruh pihak untuk mempercepat proses pembangunan tersebut serta berbagai langkah strategi dalam upaya sinkronisasi kebijakan selama masa peralihan ini,” terang Alipudin.

Adapun acara diskusi ini, dikatakan Alipudin akan dibagi ke dalam tiga sesi diskusi antaralain:

Sesi I: Membangun Infrastruktur Berkeadilan dengan rencana pembicara adalah Yusmada Faizal (Ka. Dinas Bina Marga DKI Jakarta), Dr Edy Junaedy (Ka. Dinas DPMPTSP DKI Jakarta), Satya Hergandhi (Dirut PT. Jakarta Propertindo), Edy Kuntadi (Ketua Umum Kadin DKI Jakarta), dan Jobi Triananda (Dirut. Perusahaan Gas Negara).

Sesi II: Revitalisasi Supply Chain Pangan dalam Menyediakan Stabilitas Harga Sembako dengan pembicara Ir Darjamuni (Ka. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta), Irwandi (Ka. Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan DKI Jakarta), Arief Nasrudin (Dirut PD Pasar Jaya), Dr Anggawira (Koordinator OK OCE Academy), dan Tresno Sediarsi (Dirut PT. Bank DKI).

Sedangkan Sesi III bertema Jakarta Kota Mice dan Pariwisata dengan pembicara Tinia Budiati (Ka. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta), C Paul Tehusirajana (Dirut. PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk), Ahmad Aldjufri (Dirut KAHA Group), Setiaji (Ka. UPT Jakarta Smart City), dan Iskandarsyah Siregar (Kepala Pusat Studi Ketahanan Nasional), Afu