full screen background image

Indikasi DPMD Endapkan Dana APBDES Di Rekening Desa Cianaga

Lapan6online.com – Palabuhanratu/Sukabumi : Masyarakat Desa Cianaga menunggu kepastian atau kejelasan dan tindakan hukum terkait pengalokasian anggaran dana yang diendapkan di rekening desa Cianaga. Diduga dana tersebut  senilai Rp. 119 juta.  Apakah ada sanksi Hukum lain selain mengembalikan uang yang disimpangkan itu? kami menunggu kepastian Hukum yang seadil-adilnya, di tempat yang sama Tim Buser Lapan6online.com di Kantor DPMD.

Mengkonfirmasi terkait pengendapan dana tersebut  ke pihak desa yang mengaku bernama Sarif selaku kepala Seksi dan Sarif menjelaskan bahwa “Uang yang diduga ada di Rekening Desa Cianaga yang terindikasi pengendapan  tersebut dilakukan oknum kepada desa senilai Rp. 119.000.000. Kami belum bisa menentukan uang tersebut dialokasikan untuk pembangunan apa, karena masih menunggu perubahan APBDES dulu,” jelasnya.

Ditempat yang berbeda di Kantor Ekspetorat Kabupaten Sukabumi yang berada di Palabuhan ratu Tim lapan6 mengkonfirmasi masalah tersebut pada pihak lain yang  mengaku sekretaris inspektorat mengatakan,“Kami sudah melakukan tugas sesuai aturan dan kewenangan apabila sifatnya diduga merugikan keuangan Negara siapapun juga berhak untuk melaporkan kelembaga terkait yaitu kepolisian atau kejaksaan. Uang Negara wajib dikembalikan ketika terbukti ada penyimpangan. semua oknum Kepala Desa yang melakukan tindakan yang sifatnya merugikan keuangan Negara wajib dikembalikan atau akan dikenai sanksi. Sanksi tersebut dapat berupa  1. Sanksi lisan, 2. Sanksi ringan atau berat, 3. Diberhentikan dari jabatan. Adanya kecurangan menimbulkan kerugian adalah kesalahan. Adanya kelalaian artinya niat dan merupakan  bentuk kesalahan administrasi. Terkait kecurangan yang menimbulkan kerugian keuangan Negara untuk meraih keuntungan bukanlah tanggungjawab kami dan kami hanya bekerja sesuai dengan kewenangan kami, “ ungkapnya. M.Jerry T




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *