full screen background image


Keberhasilan Proyek PISEW Bikin Nyaman Warga Cireundang Gandasoli Sukabumi

Lapan6Online.com – Palabuhanratu/Sukabumi : Dengan terbangunnya infrastruktur pedesaan yang meliputi pembangunan sarana dan infrastruktur transportasi, produksi pertanian, pemasaran pertanian, air bersih dan sanitasi, pendidikan dan kesehatan diharapkan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat. Sebuah program yang dirancang pemerintah pusat dalam mengatasi kesenjangan antara kota dengan desa, serta sekaligus dalam pemberdayaan rakyat.

Adalah Program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah,red ), adapun tujuan pelaksanaan PISEW tersebut adalah mempercepat pembangunan social ekonomi masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal, mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan daerah, pedesaan, memperbaiki pengelolaan pemerintah dan penguatan institusi di pedesaan Indonesia.

Adapun sasaran kegiatan program PISEW meliputi :Pembangunan infrastruktur dasar skala wilayah kecamatan, yang dapat berupa : Infrastruktur perhubungan atau trasnportasi; Infrastruktur pendukung produksi pertanian, peternakan dan perikanan, industry dan pariwisata; Infrastruktur pendukung pemasaran hasil pertanian, perternakan dan perikanan, industry serta air penundaan senitasi.

Tim TPKAD (Tim pelaksana kerjasama antar desa,red) Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Dedi selaku ketua TPKAD, Yohan selaku Sekretaris, Betti selaku Bendahara, dan Kuswara selaku konsultan pengawas. Seperti halnya mereka mengatakan bahwa,”Terkait pekerjaan proyek PISEW yang ada di lokasi Desa Cirendang dan Gandasoli Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi selaku Ketua TPKAD Kecamatan Cikakak yang sepanjang 2 Kilo setengah lebar 2 meter setengah yang berlokasi melintasi 2 Desa Cirendang dan Gandasoli. Dan anggaran tersebut dari APBD Tahun 2017, “ jelasnya.

Dengan nilai anggaran Rp. 600 juta berjalan dengan lancar dengan adanya kerjasama dan kesenargisan tim TPKAD dan pemerintah desa berikut masyarakatnya dan instansi terkait, dengan program tersebut dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan program PISEW tersebut yang diawasi berbagai pihak dari konsultan pengawas tim TPKAD kecamatan dan aparat desa ditambah lagi dengan tim 8 yang dibentuk dari 2 desa cirendang 4 orang dari desa gandasoli 4 orang agar kegiatan pekerjaan proyek PISEW tersebut sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dengan juklak juklisnya (04/1/2018)

Keberhasilan kerja Tim TPKAD dan Pemerintah Desa serta peran serta warga Cikakak menjadi kepuasan dan kebanggaan masyarakat setempat, Suryana dan Ujang Eloy kepada Lapan6Online.com warga Kampung Situ, Desa Cileungsing, Kecamatan Cikakak mengatakan,”Alhamdulillah karena kami sering melintasi Desa Cirendang dan Gandasoli kami memakai kendaraan bermotor (roda 2) merasa nyaman dan bisa cepat sampai tujuan dan merasa terbantunya usaha kami, “ jelas mereka berdua denga penuh bangga.

Sementara itu, H.Dayan selaku tokoh warga masyarakat setempat pun turut berbangga dan penuh kepuasan, kepada Lapan6Online.com mengatakan,”Kami merasa bersyukur dan sangat mendukung dengan adanya anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah untuk pembangunan proyek PISEW yang sudah terealisasi dengan baik sehingga membantu kelancarannya ekonomi kami, “ ujar H.Dayan.

Dengan terbangunnya infrastruktur pedesaan yang meliputi pembangunan sarana dan infrastruktur transportasi produksi pertanian, pemasaran, pertanian, air bersih dan sanitasi pendidikan dan kesehatan diharapkan akan lebih meningkat dan usaha ekonomi masyarakat akan lebih maju. Regis/M. Jeri K.R




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *