full screen background image


Kunjungan 8 Jurnalis Papua Barat ke PT. SMM Bangka Belitung

Lapan6Online.com – Bangka Belitung : Delapan jurnalis Papua Barat melakukan kunjungan lapangan ke SMM, Rabu (22/11). Kedelapan jurnalis tersebut antara lain perwakilan dari TVRI Sorong Selatan,  Papua Barat Pos,  ANTARA, Teropong News, dan Radar Sorong. Turut ikut serta dalam kegiatan ini Ketua PWI Sorong Raya, Sekretaris Ikatan Jurnalis Televisi Papua Barat, dan staff  Humas dan Protokoler  Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

Group Head Corporate Communications ANJ, Nunik Maharani, mengatakan peran media sangat penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang industri kelapa sawit.

“Dalam beroperasi, ANJ senantiasa memperhatikan pengembangan yang bertanggung jawab, yaitu keseimbangan antara aspek operasi, sosial dan lingkungan,”ujar Nunik.

Sementara itu, Mulkan Nasution, General Manager SMM (PT Sahabat Mewah Makmur,red), dalam sambutannya saat menerima kunjungan para jurnalis, mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang industri kelapa sawit yang memberi kontribusi tinggi terhadap ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja.

“Sekitar 1 hektar lahan kelapa sawit bisa menyerap 7 sampai 10 tenaga kerja.  SMM memiliki lahan sekitar 17 ribu hektare. Bisa dibayangkan berapa banyak tenaga kerja yang terserap dan itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Mulkan.

Dalam paparannya, Mulkan menyebutkan ada 1729 karyawan yang bekerja di SMM, terdiri dari 1297 yang berasal dari Belitung dan 432 dari luar Belitung. Aspek keberlanjutan juga menjadi perhatian utama SMM. Di bidang lingkungan, SMM memiliki area konservasi seluas 1540 hektare atau hampir 10 persen dari total lahan SMM.  Perusahaan juga telah memiliki sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO),  Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan International Sustainability & Carbon Certification (ISCC).

“Dalam setiap kegiatan kami selalu mengacu kepada nilai-nilai yang ditanamkan di Grup ANJ, salah satunya adalah menghargai sesama manusia dan lingkungan,” lanjut Mulkan.

Salah satu peserta, Elisio Alves mengaku sangat menikmati dan berterima kasih kepada ANJ yang telah memberi kesempatan melihat langsung operasi perkebunan kelapa sawit.

“Selama kegiatan, saya mendapat informasi  tentang pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Saya harap kegiatan perkebunan sawit seperti ini bisa segera dilakukan di Sorong Selatan, agar ekonomi masyarakat sekitar juga bisa terangkat,”  kata Elisio, staff Humas & Protokoler Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

ANJ memiliki perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat, Papua Barat dengan wilayah konsesi seluas 91.000 ha. IM




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *