full screen background image


LELANG ASET PT TPSI, BANK DKI DI GUGAT

Lapan6online.com – Jakarta : Gugatan PT Tucan Pumpco Services Indonesia (PT TPSI) kepada PT Bank DKI masih terus digelar di PN Jakarta Pusat. Gugatan dilakukan terkait dengan dilakukannya lelang aset jaminan kredit yang tidak sesuai kesepakatan.
Dalam perkara berigistrasi No. 575/PDT-G/PN-JKT PST itu disebutkan, Bank DKI melelang aset jaminan kredit di bawah kesepakatan baik yang dicantumkan dalam Perjajian Kredit Investasi maupun dalam Pemasangan Hak Tanggungan sebesar Rp70.160.000.000 (tujuhpuluh miliar seratus enam puluh juta rupiah).Tetapi, oleh Bank DKI dilelang dengan harga Rp55.000.000.000 (limapuluh lima miliar rupiah).
Pada sidang lanjutan Kamis (4/5) lalu, Bank DKI mengajukan saksi Mashari. Dalam kesaksiannya, Mashari menyampaikan bahwa lelang atas jaminan kredit dilakukan 31 Oktober 2016. Hasil lelang sebesar Rp55 miliar, diakui, tidak langsung diproses administrasikan untuk pelunasan kredit debitur. Sisa kredit kewajiban pokok debitur saat itu sebesar Rp39.5 miliar (dari kredit awal sebesar Rp52.6 miliar).
Menurut kuasa hukum PT TPSI, Cecep Suhardiman, tidak dilakukannya pelunasan tersebut bisa dilihat dalam laporan perkreditan Bank DKI ke Bank Indonesia baik laporan akhir bulan Oktober 2016 maupun laporan akhir bulan November 2016. Pada laporan itu masih tercantum kewajiban pokok sebesar Rp39.5 miliar yang harus dibayarkan oleh PT TPSI kepada Bank DKI.
“Berdasarkan kesaksian tersebut, sangat jelas bahwa klien kami selaku debitur sangat dirugikan oleh Bank DKI,” kata Cecep.
Menurut Cecep, dengan telah dilakukannya lelang jaminan dan telah keluar risalah lelang maka hubungan hukum kreditur dan debitur sudah berakhir. “Perjanjian pemberian jaminan pun berakhir, tetapi mengapa kewajiban atas fasilitas kredit tersebut masih ada?” tanya Cecep.
Oleh karena itu, Cecep mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh Bank DKI tetsebut tidak sesuai dengan aturan dan dengan demikian jelas Bank DKI melakukan perbuatan melawan hukum. Sidang dilanjutkan Kamis (18/5) mendatang.  MasTe