full screen background image

Nikmati Keindahan Danau Janda Gatal Sambil Mancing

Lapan6online.com – Bagansiapiapi/Riau : Danau Janda Gatal di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir, Kecamatan Bangko Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau kini ramai diserbu pemancing. Di danau ini terdapat puluhan tanah timbul yang mirip seperti pulau ditengah lautan.

Konon, usia danau tersebut sudah mencapai ratusan tahun. Bahkan yang uniknya, ada pondok kecil diatas pulau tersebut, yang kini menjadi ikon dalam destinasi para hobby pemancing. Bahkan setiap hari, semakin ramai orang datang ke Danau Janda Gatal ini. Pasalnya, danau ini kini mulai banyak ikan yang bisa dipancing.

Seorang warga bernama Very mengungkapkan, awalnya di sekeliling Danau Janda Gatal dipenuhi semak dan ilalang. Puluhan pohon beringin tumbuh diatas pulau di tengah danau tersebut. Sejak dua tahun belakangan ini, pemerintah menyulap lokasi itu menjadi destinasi wisata baru bagi para pemancing. Untuk menarik datangnya warga ketempat itu, ribuan benih ikan nila dan patin ditebar sekitar puluhan tahun silam oleh Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir.

Sekarang ikan nya sudah besar besar. Pemerintah sudah berhasil membudidayakan ikan nila di danau ini. Saya sering memancing disini kadang bawa anak dan istri sekalian,” ujar Very kepada seperti yang dilansir GoRiau.com, Sabtu (21/10/2017).

Selain menjadi tempat wisata bagi pemancing, Very menerangkan, tempat sekitar danau itu dijadikan pengunjung untuk tujuan wisata makan dialam terbuka dan juga spot foto, trekking, cycling, camping dan outbond. Seandainya ingin mengelilingi pulau di danau tersebut, warga setempat menyediakan jasa sewa sampan dengan tarif hanya sebesar Rp 20 ribu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Rohil, Hermanto mengatakan, dengan adanya destinasi wisata baru ini, diharapkan dapat memperkuat daya tarik wisata Bagansiapiapi. ”Bagansiapiapi diharapkan bukan hanya tempat wisata ritual saja. Tapi nanti bisa dijadikan tempat wisata bagi pemancing dengan belajar dengan alam,” ujarnya.

Sementara itu, Hermanto menyebutkan, pemerintah saat ini sedang melakukan strerilisasi di lokasi Danau Janda Gatal dalam rangka menyambut event pertandingan memancing yang akan diselenggarakan sejak tanggal 23 sd 28 Oktober 2017. Mas Te/kop




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *