full screen background image

Pemkab Kota Baru Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong 2017

Lapan6online.com – Kotabaru/KalSel : Dalam rangka Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM) tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2017. Mengambil Tema Nasional :”Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Tingkatkan Pekan Lembaga Kemasyarakatan Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera”.

Sebagaimana yang disampaikan PLT. Dari DPMPD Rahadiyan Riyadi. S.Sos. Map, menyampaikan ucapan terimakasih pada Bupati H. Sayed Jafar. SH. yang datang dengan rombongan serta dengan Pembina Ketua PKK Kabupaten Hj. Fatma Idiana. Sayed Jafar yang berkenan hadir untuk melaksanakan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat yang ke XIV Tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2017 di Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir,dan ucapan Terimakasih pun disampaikan pada Camat, Kepala Desa, DPD, LPM, seluruh  masyarakat yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan hingga Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong hari ini.

Adapun Dasar Pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat hari ini adalah, Pertama Peraturan Menteri Dalam Negeri No.42 tahun 2005, tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, pada pasal 2 ayat 2 menyatakan bahwa, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat diselenggarakan 1 bulan penuh setiap tahunnya. Untuk memenuhi Permendagri tersebut, setiap Daerah dan Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten, dan terakhir Tingkat Pusat yang telah melaksanakan Bulan Bhakti Gotong Royong ini, pada bulan Oktober kemarin secara serentak di 2016 melaksanakan kegiatan ini.

Kemudian yang ke 2 Surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Selatan No. 411/ 281-PMLK/DPMPD. tanggal 20 April 2017, Tentang Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat 14 hari Kesatuan Gerak PKK ke 45, tetap Pegang Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan ke 2 dan jambore PKK tahun Anggaran 2017.

Sementara itu, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah Pertama, untuk menumbuhkan nilai-nilai Gotong Royong dalam Masyarakat sebagai bagian dari Sistim Budaya Bangsa kita, untuk memperkuat Integrasi Masyarakat di Desa dan Kelurahan dan untuk memperkokoh NKRI.

Kedua, meningkatkan kerjasama Masyarakat dalam bergotong Royong dalam membangun Desa yang diarahkan pada penguatan Persatuan Masyarakat serta peningkatan peran serta aktif Masyarakat dalam bidang pembangunan dan kegiatan sosial lainnnya, dan yang Ketiga, Meningkatkan partisipasi Masyarakat dan kerjasama antara lembaga Masyarakat dalam membangun Desanya, adapun tema yang diusung dari kegiatan DPMPD yaitu: Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Tingkatkan.

Peran Lembaga Kemasyarakatan Menuju Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera.
Sebagai Mahluk sosial untuk memenuhi kebutuhannya harus melibatkan orang lain,sebaliknya juga melibatkan diri untuk membantu orang lain agar melepaskan diri dari kesulitan tidak semua hal ini bisa dilakukan sendiri atau mengunakan kekuatan diri sendiri,untuk itulah mengapa kegiatan Gotong Royong dikatakan membumi di Negara kita yang kita Cintai ini dengan itu mari kita memakai Gotong Royong sebagai semangat kebersamaan sosial hak Indonesia semakin mengukuh dan berkembang dalam berbagai Aspek kehidupan Masyarakat di Kabupaten Kotabaru,dan semangat Gotong Royong yang dilaksanakan disetiap Desa atau kelurahan selama 1 bulan setiap tahun,hendaknya terus digelorakan secara berdayaguna melalui peran serta Masyarakat dalam pelaksanaan Membangun, demikian dikatakan Rahadiyan Riyadi. S. Sos. Map.

Dengan dijadikannya Desa Tegal Rejo, sebagai Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat BBGRM yang ke XIV Tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2017, untuk Kecamatan Kel Hilir.

Kepada Lapan6onlinecom, Bupati H. Sayed Jafar. SH, mengatakan bahwa, “Dengan dipilihnya Desa Tega Rejo yang ada di Kecamatan Kelumpang Hilir, ini tidak lain adalah sabuah Desa yang ada di Serongga. Serongga merupakan dimana Alamnya sangat Potensi sekali dimana serongga ini adalah pengganti Kecamatan Batulicin kemarin, dan ini harus dikembangkan sejalan dengan adanya ” Bulan Bhakti Gotong Royong ” ini harus digalakkan karena bagaimanapun Gotong Royong membantu Pemerintah Daerah, “ jelas Bupati Sayed Jafar.

Lebih lanjut Bupati Sayed Jafar menambahkan,”Terkait adanya Bulan Bhakti Gotong Royong ini tiap tahunnya sudah diadakan, tahun yang lalu itu di Daerah Sengayam kemudian ini akan bergulir lagi tahun depan dilihat dulu Kecamatan yang mana akan dilaksanakan lagi ? Terkait Wisata seperti yang ada di Serongga Desa Tegal Rejo, yaitu Objek Wisata Gua Batu Tunggal yang ada ini, sudah tentu akan dikembangkan sebagaimana Objek Wisata lainnya. Sesuai Misi dan Visi Pemerintah Daerah ‘ Wisata dan Agro Bisnis ‘ ini sudah dilakukan dan bagaimanapun bila ada Wisata itu terus akan dikembangkan, dan janji Pemerintah Daerah bahwa jalan tempat masuk ke Wisata yang ada ini tahun 2019 sudah di Aspal, karena melihat Potensi Wisata yang ada sangat bagus, apalagi pihak Pemerintahan Desa sudah memperhatikan tempat Wisata yang ada, “ tambahnya.

Masih menurut  Bupati,” Jadi yang dipoles pertama Jalan, ditambah disitu harus ada mainan sehingga mendukung satu dengan lainnya, jadi Wisata di Kotabaru sudah banyak, salah satunya di Sengayam disitu ada air terjunnya, ini sudah ditawarkan pada orang ketiga ya paling tidak membuat pembangkit Listrik yang terbuat dari Tenaga Air, karena debit airnya sangat tinggi dan mendukung sehingga nantinya mampu menghasilkan PAD untuk Daerah. Dari Pemerintah Pusat sendiri sudah menganjurkan setiap Aset-aset Daerah yang ada itu agar dikelola dengan baik agar nantinya dapat dinikmati Masyarakat yang ada,” kata Bupati H. Sayed Jafar SH.

Sementara itu, Kepala Desa Tegal Rejo Afid Duddin pun yang sempat ditemui Lapan6online.com mengatakan,”Pemerintah Desa dengan ditunjuknya sebagai Pencanangan oleh Bupati H. Sayed Jafar. SH, menjadi ” Bulan Bhakti Gotong Royong ke XIV ” ini merupakan satu Kehormatan dan Kepercayaan dari Pemerintah Daerah, bahwa Desa Tegal Rejo menjadi Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong yang ada dari 9 Desa untuk Kecamatan Kelumpang Hilir. Untuk Pemerintahan Desa sangat berterimakasih, apalagi ini disuport seluruh Masyarakat dari seluruh perangkat Desa dari Kepala Dusun, Hingga sampai tingkat RT dan Desa sendiri, Pihak Kecamatan serta Pemerintah Daerah, dimana disini dihadiri beliau (Bupati H. Sayed Jafar. SH,red) dan Pembina Ketua PKK dari Kabupaten Hj. Fatma Idiana. Sayed Jafar, Para Kepala SKPD yang terkait serta Porum Porkopinda dari Danramil, Kapolsek dan dari Lanal, serta disaksikan seluruh yang hadir, baik dari Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, KNPI, Pembina Pramuka, Guru Sekolah dari SDN hingga sampai SLTA yang ada dari seluruh Kecamatan Kelumpang Hilir, “ jelas Kades Afid Duddin.

Sebagaimana disaksikan bersama Buputi H. Sayed Jafar. SH membuka dengan Resmi Pencanangan ” Bulan Bhakti Gotong Royong ke XIV tahun 2017, ditandai Pemukulan Kentungan bersama dengan di dampingi Kapolsek,Danramil, Lanal serta Pembina Ketua PKK Hj. Fatma Idiana, Sayed Jafar.

Kemudian dilanjutkan Pembagian Hadiah bagi juara 1,2 dan 3 yang diserahkan langsung Bupati H. Sayed Jafar. SH. Juara 1. Desa Tegal Rejo, juara ke 2 Desa Pulau Kerasian Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, dan juara ke 3. Desa Sampanahan Kecamatan Sampanahan. M. Badrun.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *