full screen background image


Pemkab Kotabaru, Kalsel Canangkan Kampung KB

Lapan6online.com – Kotabaru/Kalimantan Selatan : Kabupaten Kotabaru adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Kotabaru. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten pertama dalam provinsi Kalimantan dahulu. Sedangkan pada masa jaman Hindia Belanda merupakan Afdeeling Pasir en de Tanah Boemboe dengan ibukota Kota Baru. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 9.442,46 km² dan berpenduduk sebanyak 290.142 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010) dengan nelayan laut sebanyak 15.961 jiwa. Motto daerah ini adalah “Sa-ijaan” (bahasa Banjar) yang memiliki arti: Semufakat, satu hati dan se-iya sekata.

Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan merupakan Daerah yang terdiri dari 202 Desa, dengan bermacam suku terdiri kepulauan yang dikelilingi laut dan daratan.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru melaksanakan Pembentukan Kampung KB (Keluarga Berencana,red) hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Program Pemerintah Pusat .

Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengharapkan, agar Program KB dapat tersebut  menggema kembali dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada pada Wilayah Miskin, tertinggal, terpencil di Indonesia .

Sehingga dengan terbitnya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017, Tentang penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 pada kegiatan Prioritas Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, bahwa Keluarga Berencana adalah menjadi Prioritas kegiatan yang bisa didanai dari APBD Desa.

Yaitu Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) senantiasa diarahkan untuk mewujudkan Nawacita.

Terutama Agenda ke 3 yaitu ” Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam rangka Negara Kesatuan” Agenda ke 5 Meningkatkan. Kwalitas hidup Manusia Indonesia”, serta Agenda ke 8 yaitu ” Melakukan Revolusi Karakter Bangsa” serta seiring dengan Visi Bupati Kotabaru dalam rangka Mewujudkan Kabupaten Kotabaru sebagai Daerah Unggulan di bidang Agrobisnis dan ke Pariwisataan serta kemandirian menuju Masyarakat yang semakin berkualitas dan sejahtera.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan KB Ir. Rurien Harjanti. S. Hum. Memaparkan dihadapan yang hadir, Pembina PKK, Hj. Fatma Idiana, Sayed Jafar, Bupati H. Sayed Jafar Al Idrus. SH, Anggot DPRD 2 Orang Dandim 1004 yang diwakili Danramil, Lanal Kotabaru diwakili, Kapolsek Pamukan Barat dan Kapolsek Kelumpang Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kotabaru, Para Kepala SKPD, Camat Tanjung Batu Padlan S.Sos, beserta Istri dan 11 Kepala Desa yang ada di Kelumpang Tengah,Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Khususnya warga masyarakat Desa Senakin Seberang Kecamatan Kelumpang Tengah, Pengurus Lini Lapangan PLKB, PKB, Kader KB PPKBD, dan Sub PPKBD dan Insan Pers.

Bupati H. Sayed Jafar Al Idrus. SH dalam sambutannya mengatakan,”Kampung KB adalah salahsatu Inovasi yang strategis dalam rangka upaya kegiatan Program kependudukan keluarga berencana/KB serta Pembangunan Keluarga Tata Desa secara Utuh dan terintegrasi antara bidang internal BKKBN maupun lintas Sektoral , “ tegas Bupati Jafar.

Kampung KB memiliki tujuan meningkatkan kwalitas hidup Masyarakat yang sekarang melalui Program Kependudukan, Pembangunan yang terkait mewujudkan  Keluarga berkwalitas yaitu keluarga yang mampu memenuhi 8 fungsi, Keluarga yakni fungsi ke Agamaan, fungsi Sosial Budaya, fungsi Cinta Kasih, fungsi Perlindungan, fungsi Reproduksi, fungsi Sosialitasi dan Pendidikan, fungsi Ekonomi dan fungsi Pelestarian lingkungan.

Kampung Keluarga Berencana juga menjadi salah satu kunci dalam mengatasi masalah baik itu kependudukan keluarga Berencana maupun sektor Pembangunan lainnya.

Serta sebagai upaya penguatan Program data BPK yang dikelola dari oleh untuk Masyarakat dalam memperdayakan untuk memberikan kemudahan dalam masyarakat dalam memperoleh pelayanan sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya berkwalitas yang ada dimasyarakat kabupaten Kotabaru.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati H. Sayed Jafar Al Idrus. SH membuka acara Peresmian Kampung KB didampingi seluruh Perangkat dan 2 Orang Anggota DPRD Kotabaru, dan Lanal diwakili, Dandim 1004 diwakili, Kapolsek serta disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir, dengan ditandai Pemukulan Gong 3 kali dengan diiringi bacaan Shalawat Nabi.

Kemudian dilanjutkan melihat pemasangan Susuk KB dan Sunnatan Massal yang dilaksanakan pihak Puskesmas Tanjung Batu kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru. M. Badrun.



Owner