full screen background image


Penyakit Batu di Saluran Kencing, Banyak Ditemukan di Bintuni, Papua Barat

Lapan6online.com : Penyakit dalam berupa penyumbatan saluran air kencing ditemukan banyak diderita masyarakat Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Dokter penyakit dalam RSUD Bintuni, dr Jimi mengungkapkan, hampir setiap hari ditemukan penyakit batu disaluran kencing, karena pasien rujukan datang berobat di Rumah Sakit.

Menurut dr Jimi, penyebab terjadinya batu tersumbat di saluran air kencing akibat kualitas air bersih yang mengandung kapur, tidak saring.

“Jadi, setiap hari selalu saja ada dan itu merupakan rujukan dari wilayah Distrik Manimeri dan penyebabnya adalah kualitas air bersih di Distrik Manimeri” tegas Jimi seperti dirilis Humas dan Protokoler Pemda Teluk Bintuni yang diterima Teropong News, Rabu (11/10/2017).

Dikatakan Jimi, Rumah Sakit Teluk Bintuni tidak bisa jalan sendiri, perlu ada penanganan dan penggelolaan khusus dari instansi terkait air bersih yang tidak mengandung kapur.

“Distrik Manimeri,kualitas air kurang bagus dan selama ini masyarakat juga mengkonsumsi air galon, sehingga perlu ada pengawasan yang baik dari instansi terkait terhadap penjualan air galon, ujarnya.

Untuk itu diharapkan masyarakat harus mengkonsumsi air bersih yang bebas dari zat kapur, “Marilah hidup sehat” singkatnya. IM



Owner