full screen background image


Peringati Hari Armada RI Ke-72, Dalantamal XIV Resmi Melepas Tim Penthatlon

Lapan6Online.com – Sorong/Papua Barat : Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S. Sos secara resmi melepas tim Pentathlon Lantamal XIV tahun 2017, Jumat (01/12) dalam rangka mengikuti lomba Pentathlon di Koarmatim, Surabaya. Perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Armada RI tahun 2017.

Lomba tersebut terdiri dari Angkat Perahu Karet, Dayung Perahu Karet, Lari, Menembak, dan renang militer. Lomba Penthatlon ini untuk mengetahui sejauh mana Pemimpin di jajaran Koarmatim telah melakukan upaya pembinaan bagi para Prajuritnya.

Danlantamal XIV dalam amanatnya mengatakan “Lomba Penthatlon yang dilaksanakan kali ini merupakan sarana paling tepat untuk melatih mental, intuisi dan kemampuan fisik. Disamping itu filosofi yang terkandung dalam olahraga ini hendaknya dapat diaplikasikan dalam penugasan.

Menurut DanlamaL XIV , Penyelenggaraan lomba Penthatlon didasari pada sejarah lahirnya Armada RI yang terbentuk dari semangat Patriotisme para pejuang Matra Laut selama masa perang kemerdekaan yang kemudian didasarkan perkembangan lingkungan strategis saat itu yang disertai dengan peningkatan kekuatan alutsista, maka dibutuhkan pengembangan organisasi setelah terbentuknya organisasi TNI AL.

“Penthatlon merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap Prajurit, olahraga ini bukan sekedar mengendalikan fisik dan senjata yang handal, namun juga memerlukan mental yang prima, khususnya pada bidang menembak dibutuhkan pikiran yang fokus dan perasaan yang tenang terpadu menjadi satu untuk membidik dan mengendalikan senjata sehingga menghasilkan perkenaan yang tepat sasaran,”ujarnya.

Lanjutnya “Berkenaan dengan hal tersebut maka dalam rangka memperingati hari Armada RI tahun 2017, Lantamal XIV akan mengirimkan 1 tim Penthatlon yang terdiri dari 10 Atlit dan 2 Official untuk mengikuti lomba. Latihan fisik yang sudah dilaksanakan merupakan modal awal menghadapi setiap etape pertandingan ini dan saya berharap persiapan ini dapat membuahkan hasil yang membanggakan bagi kesatuan Lantamal XIV.

Tampak hadir pada acara Pelepasan Kontingen Pentathon Lantamal XIV tersebut Asrena Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Giat Pangaribuan, Aspers Danlantamal XIV Kolonel Laut (KH) J. Suspurwanto, Asintel Danlantamal XIV Letkol Laut (KH) Drs. Luxembur Jason S., M.Si., Danyonmarhanlan XIV Letkol Mar. Hariyono Masturi, S.Tr (Han)., M.Tr (Hanla), Danpomal Lantamal XIV Letkol Laut (PM) Hotmatua, S.H., M.H., para Kadis/Kasatker, para Perwira, Bintara, Tantama dan ASN dilingkungan Mako Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV. IM




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *