full screen background image


Asisten I Setda Papua Barat, Drs Musa Kamudi, M.Si,

Pers Merupakan Saluran Informasi Publik

Lapan6online.com – Jayapura : Humas dan Protokoler Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar studi banding di Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (02/08/2017). Kegiatan ini melibatkan sedikitnya 15 wartawan media cetak, elektronik dan online di Manokwari.  Study banding ini bertajuk Forum Komunikasi Pers Tahun 2017, dengan sorotan tema “Menjalin kemitraan yang profesional dalam transformasi informasi menuju pembangunan Papua Barat yang mandiri dan sejahtera”.

Asisten I Setda Papua Barat, Drs Musa Kamudi, M.Si, mengatakan, forum komuniksi yang digelar merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk menyamakan persepsi dalam hal pemberitaan pembangunan di Papua Barat.

Study banding ini bertajuk Forum Komunikasi Pers Tahun 2017, dengan sorotan tema “Menjalin kemitraan yang profesional dalam transformasi informasi menuju pembangunan Papua Barat yang mandiri dan sejahtera. Foto2 : IMTeropongnews.com

“Pers merupakan saluran informasi bagi publik.  Diharapkan ada timbal balik dan partisipasi masyarakat melalui informasi pembangunan yang disampaikan melalui media,” Musa Kamudi saat membuka kegiatan Forum Komunikasi Pers di Jayapura,Papua.

Menurutnya, pemprov tak bisa berjalan sendiri untuk menyebarluaskan kinerja pembangunan yang sudah dilakukan sejauh ini. keberadaan pers merupakan salah satu sarana untuk membantu pemerintahan.

Diharapkan adanya timbal balik dan partisipasi masyarakat melalui informasi yang baik dan tegas serta berdampak pada peningkatan dan partisipasi penyebaran informasi pembangunan.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan dan membutuhkan upaya kesinambungan. Peran pers cukup signifikan, selain sebagai sarana penyalur aspirasi masyarakat, pers juga sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran untuk masyarakat,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokoler Papua Barat, Drs Yohanes Nauw, menambahkan peran insan pers yang profesional, diyakini berdampak positif dalam penyampaian informasi yang baik untuk masyarakat.

“Harapannya, kemitraan yang kita bangun ditingkatkan untuk masa mendatang. Insan pers merupakan mitra humas,” paparnya.

Setibanya di Jayapura, tim Humas dan Protokoler bersama 15 awak media disambut Karo Humas dan Protokoler Papua, dalam rapat di kantor Gubernur Papua, dijelaskan mekanisme kerjasama humas dengan awak media.

Selama dua hari di Jayapura, para awak media dan Biro Humas Papua Barat juga berkunjung ke Kantor Gubernur Provinsi Papua. Selain menyamakan persepsi, sejumlah masukan dan saran disampaikan oleh kedua Biro Humas, baik Pemprov Papua Barat dan Papua. IM