full screen background image

Persami MI Al Hikmah di Bumi Perkemahan Ragunan Ciptakan Segudang Prestasi Siswa

Lapan6online.com – Jakarta : Madrasah Al Hikmah terletak di Jalan Bangka II No.24, Pela Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang sudah lama berdiri  dengan banyak sekali prestasi yang melahirkan alumni-alumni yang bahkan sudah mencapai prestasi yang tinggi diantaranya ada yang sudah menjadi dokter.

Dibawah komando Miftahul Jannah, S.Ag selaku Kepala Sekolah ternyata banyak segudang prestasi yang selama ini tidak tersentuh media, MI Al Hikmah senantiasa menciptakan suasana kenyamanan bagi para guru dan siswa, kegiatan Persami ini salahsatu bentuk menjalin silahturahmi dan keakraban diluar jam belajar mengajar, dan tentunya tidak luput dari kerjasama dengan wali murid.

Kemudian salah satu kegiatan yang terus dilakukan di Al Hikmah di antaranya Persami ini dilakukan setiap tahun sekali untuk memompa dan memacu kreativitas siswa-siswi di antaranya supaya mandiri dan kreativitas lainnya yang akan digali dengan melakukan pembiaran atau melakukan aktivitas siswa-siswi bebas berkarya dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, di antara prestasi lainnya Al Hikmah ini yang di munculkan adalah hafalan Al-Quran bahkan sudah dalam perlombaan pernah juara di antaranya Juara I di lomba yang di rayakan di Taman Mini Indonesia Indah pada tahun 2016 tahun lalu tingkat DKI Jakarta. Kemudian masih banyak aktivitas lainnya yaitu ada hadrah kemudian  silat bahkan silat juga ada prestasinya walaupun tidak atas nama sekolah dari Perguruan Pusaka Jakarta, walaupun tidak mengatakan atas namakan siswa-siswi MI Al Hikmah tapi dasarnya ada di Al Hikmah.

Seperti yang disampaikan oleh Zikri Hakim, S.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah MI Al Hikmah bahwa,”Dari gurunya pun Alhamdulillah sudah bergelar S1, jadi untuk tingkat sumber daya tidak kalah dengan sekolah lainnya karena kami pun sudah siap kurikulum 2013 kemarin baru kita mengadakan itu. Intinya MI al hikmah sudah bisa bersaing dengan sekolah lainnya dalam mengikuti perkembangan zaman perubahan bahkan IPTEK insyaallah tidak kalah, “ jelas Zikri disela-sela acara Persami (Perkemahan Sabtu-Minggu,red) di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu, 11/11/2017.

Lanjut Zikri,” Tadinya ada seni music juga yang kami tonjolkan. Tidak diharuskan jadi sebenarnya yang ingin mengikuti tapi diluar perkiraan Alhamdulillah antusias siswa banyak sekali kita tidak diwajibkan  apalagi kita wajibkan kurang lebih murid kita 500 siswa seluruhnya dari kelas 1 sampai kelas 6 529 siswa. Yang ikut sekarang ini sekitar 167 siswa. Insyaallah nanti ada lomba mendirikan tenda, membuat tandu bahkan lomba lainnya kebersihan. nanti kebersihan tendanya juga di ukur ada pialanya. Nilainya saat ini kelas 6 belum terlihat pak dan saat ini memang kalau madrasah itu jarang sekali ada perlombaan akademik kecuali, di di bawah Diknas. Kita pernah di ikut sertakan dan kita pernah juara 3 setelah itu kita tidak di ikut sertakan tidak tahu kenapa kalau kemenag ini kita kurang ada lomba seperti itu, “kata Zikri.

Era global yang semakin canggih ini, MI Al Hikmah tak kalah untuk bersaing dengan sekolah umum, Zikri yang didampingi oleh Mahmud S.Pd guru dan Pembina pramuka dan Supandi, S.Pd guru penjas Orkes dan Pembina Pramuka menambahkan bahwa,”Tapi kalau kita diikut sertakan insyaallah tidak kalahlah diantaranya kami juara 3 kecamatan. Kalau momen kita di luar itu jadi setiap menjelang akhir semester biasanya kita adakan camping ini untuk refreshing siswa. Kurang lebih 22 guru pak. Kita pernah juara diadakan oleh dinas social juara1 dan 2 paduan suara disini. Tahun 2015 juara ke 2 Nasional tari modern di Jakarta Timur. Jadi tari budaya-budaya Jawa dikombinasi. Insyaallah di madrasah kita banyak prestasi. Tidak ada guru khusus cuman apabila ada lomba kita panggil guru tari, “ tambah Zikri semangat.

MI Al Hikmah pun memiliki sosok guru yang sekaligus Pembina Pramuka yang telah memiliki jam terbangnya bisa menjadi catatan, bahkan berhak mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Keaktifannya dalam mengikuti semua kegiatan kepramukaan pun patut diacungi jempol, para guru dan siswa-siswi Al Hikmah patut berbangga diri dengan jiwa militansi sosok Mahmud, S.pd. Dirinya dengan penuh semangat tanpa mengenal lelah dalam memberikan bimbingan dalam kegiatan kepramukaan.

“Mungkin sudah 34 tahun saya aktif dikepramukaan ini, Alhamdulillah setiap kegiatan pramuka baik dari tingkat DKI hingga keluar Jawa pun selalu saya ikuti. Ini adalah hobi, bahkan sempat ada salahsatu kegiatan yang kebetulan ada tamu Negara dari Brunai, mereka meminta saya untuk datang ke negaranya. Namun saya tidak mau, bukan apa karena di Indonesia sendiri masih banyak kesempatan untuk mengabdikan diri melalui kegiatan kepramukaan ini. Siswa-siswi kami banyak memiliki potensi diri yang kuat, makanya dengan diadakannya kegiatan ini tentunya harapan kami para siswa-siswi dapat mengapresiasikan diri mereka, dan juga berkemah seperti ini kan sama seperti kita berdialog dengan alam, intinya menciptakan diri mereka menjadi mandiri, kreatif dan insipiratif, “ tegas Mahmud penuh semangat. Wa Irma    




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *