full screen background image


PNS DKI Shock, Mendadak Ada Tes Narkoba

Lapan6onle.com – Jakarta : Hari ini sejumlah PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dibikin kelimpungan, menyusul digelarnya tes urine mendadak oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta.

“Jelas kita kaget. Karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya,” kata Roni (35), salah satu PNS di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (10/10).

Para pegawai, mulai dari staf sampai pejabat, baik yang sedang bekerja, rapat, maupun bersantai, disuruh berkumpul ke Balairung untuk menyerahkan air kencingnya kepada petugas BNNP DKI.

Dalam kegiatan ini sedikitnya 800 PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta menjalani tes urine.

Mereka berasal dari sejumlah SKPD antara lain  dari Biro Tata Pemerintahan, Biro Hukum, Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri, Biro Umum, Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi, Biro Administrasi, Biro Perekonomian, Biro Kesejahteraan Sosial, Biro Pendidikan dan Mental Spiritual, serta Biro Penataan Kota dan  Lingkungan Hidup.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DKI Jakarta, Krisna Anggara mengatakan, kedatangannya secara mendadak atas permintaan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

“Kegiatan ini menjadi bagian komitmen kerja sama antara BNNP dan Pemprov DKI Jakarta,” ujar Krisna.

Menurut Krisna, hasil tes urine ini dapat  langsung diketahui hanya dalam waktu sekitar satu menit.

“Kalau hasil tes membuktikan seseorang terindikasi narkoba, maka dia akan kami ikutkan dalam  konseling di Kantor BNNP DKI Jakarta. Konseling biasanya dilakukan sebanyak 8-12 kali,” papar Krisna.

Namun sayangnya Krisna belum bisa menjelaskan ada tidaknya PNS yang terbukti mengkonsumsi narkoba. M.Syahnr



Owner