full screen background image


Solusi Sakit Pinggang, Tanpa ke Dokter

Lapan6online, JAKARTA – Banyak sekali pekerjaan dan rutinitas keseharian yang biasa kita lakukan, tanpa disadari dapat menyebabkan sakit pinggang. Contohnya karena berolahraga terlalu berat, posisi tidur yang salah, duduk terlalu lama, atau akibat kelelahan otot pasca melakukan pekerjaan yang terus-menerus seperti mengangkat benda berat bahkan mencuci.

Sakit pinggang atau low back pain bukan cuma penyakit orang usia lanjut. Jika tidak hati-hati, ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengurangi nyeri pinggang yang datang mendadak, Anda bisa melakukan pertolongan pertama di rumah tanpa harus ke dokter. Berikut kiat-kiat penanganannya:

  1. Istirahatkan punggung

Bila Anda mengalami cedera punggung karena terjatuh di rumah, kesalahan dalam berolahraga atau kecelakaan, segera rebahkan punggung selama 24-48 jam. Hal ini akan membuat tulang bagian punggung lebih rileks.

Berikut penanganan nyeri punggung lainnya di halaman berikut:

  1. Kompres es dan kompres hangat

Pilihan pertama yang paling aman untuk cedera pinggang adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada nyeri yang terjadi dalam waktu kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak.

Selama mengistirahatkan punggung, tempelkan kompres es di daerah bawah punggung yang nyeri. Gunakan kompres es selama 15 menit setiap dua jam. Namun, jika sakit yang dirasakan terlalu parah, gunakan kompres es setiap satu jam.

Setelah menggunakan kompres es seharian, lanjutkan dengan menempelkan kompres hangat di bagian yang cedera selama 15 menit setiap dua jam. Ini bagus untuk merangsang aliran darah ke daerah yang nyeri.

Berikut tips menanangani nyeri pinggang lainnya di halaman berikut:

  1. Sediakan obat pereda nyeri

Untuk penanganan yang lebih efektif, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang tersedia di apotek. Pilihlah obat yang mengandung metampiron, parasetamol, dan ibuprofen. Tetapi jika sakit tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

  1. Melakukan latihan kecil

Setelah beberapa hari istirahat, Anda bisa melakukan latihan yang tidak terlalu berat untuk menguatkan punggung. Mulailah dengan peregangan yang berguna untuk mengembalikan fleksibilitas. Salah satu peregangan yang paling efektif adalah bridging. Posisi tubuh berbaring dengan kedua lutut diangkat hingga hanya tumit Anda yang menempel pada lantai. Perut dan kaki harus sejajar, kencangkan otot perut, tahan selama 10 detik dan bernapas secara normal. Kemudian turunkan, istirahat selama 10 detik, ulangi sebanyak 8-12 kali.

Jika sakit pada pinggang yang Anda rasakan teramat nyeri dan tidak berkurang dengan cara-cara di atas, konsultasikan keluhan tersebut dengan dokter.

(Dr. Dyah Novita Anggraini)