full screen background image

Tim Bareskrim & Polda Kaltim Tangkap Ketua Komura di Hotel

Lapan6online.com – Jakarta : Beberapa kali mangkir dari panggilan Mabes Polri, Ketua Koperasi Samudera Sejahtera (Komura) yang juga anggota DPRD Samarinda dari Partai Golkar, Jaffar Abdul Gafar akhirnya ditangkap oleh Tim Bareskrim pada Minggu (23/04) malam sekitar pukul 20.00 WIB di kamar 207 hotel Angkasa di  kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana. Foto2 : Ist.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menginformasikan bahwa penangkapan Ketua Komura yang terkait kasus operasi tangkap tangan (OTT) di Terminal Pelabuhan Palaran, Samarinda itu berlangsung pada pukul 20.30 WIB. Tim Bareskrim Mabes Polri mendapati informasi keberadaan Jaffar Abdul Gafar yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu di kamar nomor 207 Hotel Angkasa, dan langsung dijemput menuju Mabes Polri.

“Iya benar, tersangka Ketua Komura ditangkap malam tadi/minggu malam selanjutnya dibawa ke Mabes Polri untuk penyidikan lebih lanjut terkait kasus OTT di TPK Palaran beberapa waktu lalu,” jelas Ade Yaya Suryana.

Untuk diketahui, Ketua Komura Jafar Abdul Gafar beberapa kali tidak menghadiri panggilan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada 6 April 2017 lalu, dengan status sebagai tersangka dalam kasus pungli bongkar muat TPK Palaran, menyusul OTT besar-besaran pada pada Jumat (18/3/2017) yang dipimpin langsung Bareskrim Polri bersama  Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin.

Dalam operasi gabungan Bareskrim Mabes Polri, Brimob Polda Kaltim, Polresta Samarinda di Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Samarinda yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Samudera Palaran (PT. PSP) dan Kantor Koperasi Samudera Sejahtera (Komura) telah mengamankan lebih dari 24 orang, dan uang tunai Rp6,1 milyar lebih.

Dalam penyidikan tiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka yaitu NA alias El sebagai Korlap Koperasi PDIB, Hery Susanto alias Abun selaku Pendiri Koperasi PDIB, Dwi Hari Winarno sebagai sekretaris Komura.

Sedangkan Ketua Komura Jafar Abdul Gafar yang sebelumnya sudah beberapa kali menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Polda Kaltim di Samarinda dan berlanjut di Bareskrim Mabes Polri dan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Namun dalam panggilan sebagai tersangka, Gafar tidak mengindahkan pangilan tersebut akhirnya dilakukan penangkapan tadi malam di hotel kawasan Cakung Jakarta Timur.

“Sebelum ditangkap, Ketua Komura terpantau berpindah-pindah tempat menginap seperti Hotel Oasis, hotel Redtop, hotel Grand Cempaka, hotel Grand Royal Pecenongan, bahkan sampai di kos-kosan di kawasan Pasar Baru, sebelum akhirnya ditangkap di hotel angkasa Cakung ini,” ujar Kabid Humas Polda Kaltim. Aedy Wahab/Ahmad Gajali.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *