full screen background image


Unit Jatanras Polres Karawang, Tangkap Empat Polisi Gadungan

Lapan6online.com – Karawang/JABAR : Unit Resmob Polres Karawang pada Sabtu, 26 Agustus 2017 pukul 09.00 wib di Terminal Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada saat itu Unit Resmob Polres Karawang dipimpin Kanit Jatanras Ipda Boby, telah mengamankan 4 (empat,red) orang pelaku yang mengaku sebagai anggota Polisi yang berdinas di Mabes Polri.

Adapun kronologis penangkapan ke empat tersangka tersebut : pada saat Unit Resmob Polres Karawang sedang melaksanakan patroli di sekitar terminal Tanjungpura Karawang, melihat ada empat orang berpakaian preman yang tidak dikenal tengah menggunakan atribut kaos Turn Back Crime yang identik dengan kaos yang sering digunakan para anggota kepolisian dan memakai lencana tanda kewenangan/penyidik anggota Polri.

Anggota unit Resmob Polres Karawang merasa curiga dengan keberadaan keempat orang tersebut dengan gersak gerik mencurigakan, kemudian petugas menghampiri langsung memeriksa identitas keempat orang tersebut yang mengaku sebagai anggota dari Mabes Polri.

Pada saat diperiksa oleh anggota Resmob Polres Karawang, keempat orang pelaku tersebut mencoba melarikan diri namun berhasil di gagalkan, identitas keempat orang tersebut :
1.Mulyansyah (27), pedagang, Kp.Warudoyong Rt 02/03 Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.
2.Nana Taryana, (48), Swasta alamat Kp.Warudoyong Rt 02/03 Ds/Kecamtan Rengasdengklok Kabupaten Karawang.
3 H.Udi Wahyudi (63), pengangguran, alamat Jl.Utan Panjang ll Rt 10/08 Kemayoran Jakarta Pusat.
4.Tahrudin (40),wiraswasta, alamat Dsn.Kongsi Rt 02/01 Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol Indramayu, Jawa Barat.

Barang bukti yang diamankan yang berhasil di amankan dalam penangkapan tersebut:
1.Satu pucuk Pistol Air Soft Gun jenis Revolver berikut 6 butir amunisi dan Borgol.
2.Empat tanda lencana kewenangan Polri/Penyidik.
3.Empat buah topi (2 buah topi Korp Brimob dan 2 buah topi Turn Back Crime).
4.Dua buah jaket Polisi dan kaos Polisi dan atribut Polri lainya berupa dompet Polri dan gantungan kunci Polri.
5.Empat unit R2 dan enam unit Hp.
6.15 berkas lamaran kerja.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas,keempat orang pelaku mengaku sebagai anggota Polisi dari Mabes Polri dan terungkap mereka telah melakukan penipuan terhadap beberapa orang korban dengan modus sanggup untuk memasukan kerja para korban ke PT.Sanpus Cikarang,adapun nama nama korban yang akan dimasukan kerja yaitu:
1. Dandi (19 tahu) Dusun.Sukamanah Lama, Desa Muara, Kecamatan Blanakan Subang, Jawa Barat.
2. Nurwanto (18) Dusun Sindang Laut I, DesaMuara, Kecamatan Blanakan Subang, Jawa Barat.
3. Dani Maulana (18) Dusun.Sukaasih Desa.Muara Kecamatan Blanakan Subang, Jawa Barat.

Dari pemeriksaan para korban terungkap,Ketiga orang tersebut telah dimintai uang sebesar Rp. 200 ribu sebagai uang operasional dan nanti setelah menandatangani kontrak kerja baru harus menyerahkan uang sebesar Rp.2.5 juta.
Kini ke empat pelaku penipuan yang mengaku sebagai anggota Polisi mendekam di sel tahanan Mapolres Karawang guna pengusutan lebih lanjut untuk mengungkap korban-korban yang lainnya juga untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Om Endi/Broy/Tim